Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Matic

Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Matic

Berani membeli mobil berarti harus bisa meluangkan waktu dan menyisihkan uang untuk perawatannya. Dari sekian banyak perawatan yang harus Anda lakukan bagian transmisi menjadi komponen yang tidak boleh dilupakan. Selain itu Anda juga wajib memahami bagaimana cara merawat transmisi mobil manual dan matic yang benar.

Memang keduanya sama-sama memiliki roda empat dan fungsinya pun tak jauh berbeda. Akan tetapi transmisi keduanya berbeda sehingga pasti ada pula perbedaan perawatan jual aki mobil di Jogja yang dilakukan oleh para pemiliknya. Untuk mengetahuinya berikut adalah ulasan lengkapnya.

5 Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Matic

Kali ini kita akan membahas tentang 5 cara merawat transmisi mobil manual dan matic. Diharapkan setelah ini Anda bisa melakukannya sesuai dengan apa yang dianjurkan. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Tuas Transmisi

Cara merawat transmisi mobil manual dan matic adalah dengan memperhatikan tuas transmisinya. Sebagai pemilik kendaraan tentulah Anda paham bahwa mobil manual dan matic memiliki tuas transmisi yang berbeda. Maka dari itulah penting agar Anda memperhatikan fungsi keduanya dengan baik.

Untuk mobil matic sendiri memiliki desain kemudi yang halus dan tidak terlalu agresif. Sehingga ketika dikendarai usahakan agar tidak menginjak gas secara mendadak karena itu bisa menyebabkan katup solenoid rusak. Sedangkan pada tuas mobil manual lebih fleksibel dan kuat.

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah selalu periksa cairan pada transmisi secara berkala. Pasalnya apabila cairan transmisinya rendah maka bisa mempengaruhi kinerja kendaraan.

Ganti Oli Transmisi

Oli merupakan pelumas yang sangat dibutuhkan kendaraan untuk membuat kinerja mesin menjadi lebih maksimal. Agar mesin bisa tetap dalam kondisi yang baik Anda wajib memastikan bahwa oli pada transmisi masih banyak dan tidak keruh. Lakukan perawatan untuk mengganti oli secara berkala.

Pasalnya oli transmisi memiliki peranan yang sangat penting. Tak hanya sebagai pelumas transmisi saja namun sudah menjaga keausan komponen dan menjadi suhu pada transmisi kendaraan. Biasanya pergantian oli akan ditentukan dengan jarak tempuh mobil.

Idealnya untuk oli mobil harus diganti ketika kendaraan sudah menempuh jarak sekitar 25.000 km dan jarak maksimal 50.000 meter. Cara merawat transmisi mobil manual dan matic wajib Anda sesuaikan dengan buku standar kendaraan yang diberikan ketika membelinya dulu.

Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Cara merawat transmisi mobil manual dan matic yang berikutnya adalah rutin memanaskan mesin kendaraan. Meskipun terkesan sepele kebiasaan ini tidak boleh ditinggalkan. Setidaknya luangkan waktu untuk memanaskan kendaraan dalam kurun waktu 1 hingga 5 menit setiap hari agar kinerjanya masih tetap optimal dan stabil.

Mobil yang rutin dipanaskan setiap harinya mesinnya akan selalu prima dan terhindari dari gangguan. Selain itu cara ini sangat ampuh untuk membuat oli atau pelumas bisa merata ke seluruh ke mesin. Jangan malas untuk melakukannya karena pengaruhnya begitu besar terhadap kinerja dan performa kendaraan.

Cek Semua Komponen yang Dimiliki Mobil

Kendaraan seperti mobil memiliki berbagai komponen di setiap sudutnya. Semua komponen tersebut tentu memiliki peran masing-masing yang berpengaruh besar pada fungsi kendaraan. Dalam mobil ada komponen inti ada pula komponen pelengkap yang tak kalah penting.

Merawat semua komponen ini termasuk cara merawat transmisi mobil manual dan matic yang sangat penting untuk dilakukan. Mulai dari bagian eksterior sampai interior semua harus diperhatikan dengan baik. Jika ada salah satu yang rusak maka Anda harus cepat menggantinya agar tidak merambat pada yang lain.

Apabila diperlukan Anda dapat melakukan service secara rutin untuk memastikan kondisi kendaraan. Bawalah mobil ke bengkel terdekat agar Anda bisa mengetahui apakah kendaraan masih dalam kondisi baik atau sebaliknya.

Dengan begitu terjadinya kerusakan pada mobil dapat lebih cepat diketahui dan segera mendapatkan perawatan. Jika sudah parah Anda tidak hanya akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli komponen-komponen terbarunya namun juga tidak bisa mengendarai kesayangan dalam waktu yang cukup lama.

Selalu Cek Kondisi Aki Kendaraan

Aki merupakan komponen mobil yang setiap saat harus mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Aki memiliki fungsi yang cukup krusial untuk mobil dan sekali ada kerusakan pasti imbasnya begitu terasa terutama pada bagian-bagian tertentu seperti starter, klakson, hingga komponen lainnya.

Untuk cara merawat transmisi mobil manual dan matic pada bagian perawatan aki ini sangatlah mudah. Cukup pastikan bahwa air di dalam aki masih terisi penuh dan cukup untuk kebutuhan kendaraan. Selain itu pastikan bahwa aki masih berfungsi dan tidak tekor. Karena kalau tidak mobil Anda tidak akan bisa digunakan.

Pergantian aki kendaraan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi pastikan untuk tetap merawatnya agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih.