Tools Menguji Kecepatan Website

Tools Menguji Kecepatan Website

Setiap pemilik website wajib mengetahui bahwa kecepatan adalah bagian dari optimasi agar pengunjung betah. Website yang lelet kemungkinan besar akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung. Artinya, setiap pemilik situs harus mengetahui cara cek kecepatan website.

Saat ini, ada cukup banyak langkah-langkah untuk mengetahuinya. Salah satu cara yang mudah dan optimal yaitu melalui website speed test Indonesia. Trik ini sangat mudah sekali dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Alasan kenapa Kecepatan Website Itu Penting

Ada banyak sekali alasan kenapa Anda harus memperhatikan kecepatan web yang dikelola. Bahkan, hal ini merupakan optimasi yang tergolong sangat penting dan vital. Adapun alasan-alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Kecepatan web dapat memengaruhi pendapatan. Bayangkan, customer kabur hanya sulit mengakses website yang Anda kelola. Tentu Akan menjadi kerugian besar bagi bisnis online yang tengah dijalankan.
  2. Meningkatkan kenyamanan pengalaman pengunjung website. Misalnya seperti, mempermudah pengunjung untuk mencari informasi yang Anda berikan di dalam web.
  3. Kecepatan website berpengaruh terhadap penilaian keamanan. Jika web Anda lambat, maka cenderung mudah untuk mendapatkan predikat situs tidak aman dan berbahaya. Hal ini tidak boleh diremehkan pada saat mengelolanya.
  4. Kecepatan akses yang bagus, dapat mempengaruhi kesan pertama pengunjung. Jika pengunjung lancar mengaksesnya, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi web yang Anda kelola.
  5. Kecepatan web juga berpengaruh terhadap ranking di pencarian Google. Artinya, speed website juga termasuk ke dalam optimasi SEO on page.

5 Tools Speed Test Terbaik

Bagi yang bingung mencari tools yang tepat untuk mengecek kecepatan web, berikut beberapa yang paling direkomendasikan:

GTMetrix

Untuk Anda yang ingin melihat kecepatan web secara cepat, GTMetrix adalah solusinya. Fiturnya lengkap. Anda bisa melihat laporan performa dengan analisis yang tergolong mumpuni. Selain itu, hasil yang ditampilkan pun sangat mudah sekali dibaca. Begitu juga dengan interface web yang terbilang tidak membosankan.

Tampilan fiturnya sederhana yang ditampilkan berupa skor performa website. Laporannya dilengkapi juga dengan detail halamannya. Terdapat 6 kategori laporan yang disajikan. Kategori-kategori tersebut yaitu:

  • Yslow
  • Waterfall
  • Timings
  • History
  • Video
  • PageSpeed

Dareboost

Jika Anda membutuhkan tools online dengan fitur penguji yang lengkap, Dareboost adalah pilihannya. Web yang satu ini bahkan bisa menganalisa keamanan hingga SEO web Anda. Namun, kelengkapan fitur yang disediakan tidak gratis, alias berbayar.

Meski demikian, Anda masih bisa menikmati fitur gratis namun terbatas. Tapi jangan khawatir, meski terbatas, Anda masih bisa memanfaatkannya untuk tes kecepatan web. Versi gratisnya juga tidak kalah bagus. Ada sekitar 80 kategori laporan berbeda yang bisa didapatkan di versi gratisan.

Google PageSpeed Insight

Tools untuk mengecek kecepatan web ini resmi dibuat oleh Google. Silahkan Anda gunakan untuk menganalisa kecepatan web Anda. Google Page Speed menawarkan fitur yang tergolong lengkap dan gratis. Di sini, Anda pun bisa mendapatkan banyak sekali laporan, termasuk untuk perangkat mobile.

Adapun fitur-fitur yang bisa Anda manfaatkan, antaranya seperti:

  • Fitur saran dan skor PageSpeed agar kinerja web Anda bekerja secara optimal.
  • Bisa digunakan pada server Apache atau Nginx. Tujuannya yaitu untuk mengoptimalkan sumber daya website.
  • Fiturnya dapat digunakan untuk mempercepat pengambilan halaman situs.

Uptrends

Tools website yang satu ini juga bisa digunakan untuk memantau atau mengontrol kinerja hingga waktu kinerja website Anda. Selain itu, juga bisa digunakan untuk melihat fungsionalitas situs, API, dan server.

Anda bisa menggunakan Uptrends secara online. Cocok sekali untuk tes render kecepatan halaman web Anda. Selain itu, tools ini memiliki segudang fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan. Adapun fitur-fiturnya di antaranya seperti:

  • Pengaturan panggilan API untuk memeriksa silang data dan monitor uptime API.
  • Mengidentifikasi masalah kinerja web pada browser secara otomatis. Contohnya seperti Chrome, Firefox, hingga IE.
  • Didukung oleh IMAP, HTTP/HTTPS, SQL, MySQL, POP3, FTP, dan SMTP. Fitur tersebut untuk pemantauan server dan web.
  • Laporan bisa dikirim via email berbentuk PDF maupun file Excel.

Pingdom Tools

Tools yang satu ini menjadi pilihan dan solusi bagi banyak pemilik website. Mudah sekali digunakan, terutama untuk cek kecepatan web. Tes kecepatan website menggunakan Pingdom Tools tergolong mudah.

Hasil informasinya sangat membantu Anda. misalnya seperti kecepatan web, kinerja situs, dan lainnya. Jadi, Anda akan tahu apakah web Anda lelet atau tidak. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui informasi kecepatan download, nilai kinerja, hingga analisis kode.

Fitur yang ditawarkannya pun cukup lengkap. Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan seperti:

  • Laporan kinerja
  • Menguji di berbagai lokasi maupun negara
  • Memeriksa semua bagian halaman web Anda
  • Melacak riwayat kinerja web

Cara Mengecek Kecepatan Website

Untuk mengecek kemampuan kecepatan web melalui tools di atas sangat mudah. Semua web di atas umumnya memiliki cara yang sama. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda pilih salah satu website test speed di atas, kemudian masuk ke halaman website-nya.
  2. Copy link website Anda, lalu silahkan paste di salah satu website tes kecepatan di atas. Contohnya seperti di Dareboost. Anda bisa langsung menaruh link di halaman utama. Setelah itu, silahkan klik “Test my page”.
  3. Tunggu loading proses pengecekan speed. Setelah beberapa saat, maka informasinya akan keluar berupa data. Anda pun bisa melihat berapa persen kecepatan web.
  4. Beberapa website akan menyajikan informasi secara lengkap. Semakin banyak informasi yang Anda peroleh, semakin mudah mengoptimalkan kecepatannya.

Informasi di atas sedikit banyaknya bisa membantu Anda mengetahui berapa kecepatan web yang sedang dikelola. Kecepatan web adalah bagian dari optimasi SEO. Bagi yang ingin meningkatkan traffic web, pastikan Anda mengaplikasikan tips di atas. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.masterseo.id