Tanah Lot Bali

Tanah Lot Bali

Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata Bali yang paling populer. Di sana terdapat dua pura yang berada di pesisir pantai dan menghadap ke Samudera Hindia. Tepatnya di atas tebing batu karang berwarna hitam. Bayangkan, betapa kerennya tempat ini jika dilihat secara langsung.

Sejarah Tanah Lot Bali

Sebelum membahas keunikan dan keindahan lain dari Tanah Lot, kamu perlu tahu sejarahnya. Mulanya, Dang Hyang Nirartha melihat sinar suci dan berusaha mencari lokasinya yang ternyata paket wisata bali berada di sebuah pantai pada desa bernama Beraban Tabanan. Pemimpin daerah tersebut menentang ajarannya dalam menyebarkan agama Hindu.

Suatu masa, berdasarkan legenda, Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang yang dijadikan wadah meditasi ke dekat pantai menggunakan kekuatan spiritual. Batu berbentuk burung beo ini diberi nama Tanah Lot. Sejak saat itulah, tempat tersebut dijadikan objek wisata bali.

Rute Menuju Lokasi Tanah Lot Bali

Kawasan ini berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika kamu berangkat dari Pantai Kuta akan memakan waktu sekitar satu jam dengan jarak tempuh 23 kilometer.

Kemudian, bagi kamu yang ingin memulai perjalanan dari Uluwatu bisa diperkiraan sampai dengan durasi hampir dua jam karena jaraknya yang mencapai 43 kilometer.

Untuk menuju Tanah Lot disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena berada di area yang agak sulit dijangkau oleh transportasi umum. Jika kamu tidak memilikinya, bisa dengan jasa sewa mobil bali yang banyak ditawarkan dengan harga variatif.

Jika pergi berlibur bersama rombongan, kamu bisa menggunakan jasa sewa bus bali agar lebih efisien dan efektif. Kamu juga tidak perlu repot-repot mencari supir dan informasi mengenai rute bebas macet saat memakai jasa tersebut. Menyenangkan, bukan?

Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Tanah Lot Bali?

Tanah Lot berasal dari dua kata, yakni “Tanah” berarti dataran dan “Lot” yang bermakna laut. Bangunan pura berdiri di tengah laut dan letaknya tepat di atas batu karang.

Menikmati Pemandangan Laut yang Indah

Pemandangan indah perairan yang membentang luas serta proses matahari terbenam (sunset) terbaik menjadi daya tarik tempat ini. Selain itu, bisa juga dijadikan sarana beribadah bagi kamu penganut agama Hindu.

Di sana terdapat paket tour bali beberapa tempat pemujaan yang tidak bisa dimasuki oleh semua orang. Hanya kamu yang punya tujuan sembahyang, yang dapat memasukinya. Upacara berbagai hari besar umat Hindu pun sering dilakukan pada Tanah Lot. Misal, hari raya Kuningan yang diadakan selama tiga hari.

Berfoto di Atas Bukit

Dikarenakan berada di tengah laut, airnya sering mengalami pasang surut. Ketika sedang naik, bisa mencapai 2 meter atau lebih, sehingga kamu perlu menggunakan perahu untuk menuju ke sana. Berbeda pada saat surut yang air lautnya hanya setinggi 0,5 meter saja.

Objek wisata Tanah Lot buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WITA. Harga tiket masuknya sebesar Rp 20.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Bagaimana dengan parkir? Kamu dengan kendaraan bermotor cukup mengeluarkan Rp 2.000, sedangkan mobil roda empat dan bus pariwisata bali masing-masing dikenakan Rp 5.000 dan Rp 10.000. Sebagai tambahan informasi. Tarif ini berlaku hanya untuk wisatawan lokal.

Jam Buka / Tutup Tanah Lot

Waktu terbaik untuk menikmati sunset di Tanah Lot adalah pukul 17.00 sampai 17.00. Kamu bisa datang satu jam sebelumnya jika ingin berjalan-jalan terlebih dahulu. Kemudian, travel saat berencana akan melihat karang besar di bawah pura, cobalah berkunjung kesana saat air laut sedang surut.

Terakhir, datanglah di pagi hari pada bulan Januari-April dan September-November bagi kamu yang kurang suka dengan keramaian.

Di dekat area pemeriksaan tiket, kamu akan menemukan pasar seni yang menjual oleh-oleh khas Bali, seperti baju, lukisan, dan ukiran kayu. Kemudian, ada beberapa kafe, restoran, serta toko yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Jadi, usai berfoto, kamu bisa singgah dan memesan berbagai menu disana. Fasilitas lainnya, seringkali diadakan panggung terbuka seperti pertunjukan tari Kecak.

Perlu kamu perhatikan, saat akan memasuki kawasan sembahyang, kamu wajib memakai pakaian khusus beribadah. Jika hanya ingin menikmati keindahan pantai dan sunset-nya, bebas menggunakan baju apapun yang terasa nyaman. Pastinya yang membuatmu terlihat bagus pada hasil foto nanti.

Nah, jika tertarik, kamu bisa mencari biro yang menyediakan paket liburan bali dengan tujuan Tanah Lot. Ajak anggota keluarga, pasangan, sahabat, dan kerabat dekat lainnya untuk melihat indahnya pura di tengah laut yang dihiasi matahari terbenam terbaik.