Tempat Wisata di Jakarta Barat

Tempat Wisata di Jakarta Barat

Jika mendengar kata Jakarta yang pertama Anda pikirkan mungkin adalah kemacetan dan juga kebanjiran. Selain fakta tentang kemacetan dan kebanjiran, Jakarta juga memiliki destinasi wisata yang tersebar di beberapa wilayahnya termasuk wilayah Jakarta Barat yang memiliki beberapa tempat wisata menarik. berikut 10 tempat wisata di Jakarta Barat yang paling hits dan populer.

Wilayah Jakarta Barat sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang bersejarah. Hal itu dikarenakan ketika jaman BelAnda, Jakarta Barat menjadi pusat pemerintahan VOC. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi terutama jika Anda suka dengan wisata sejarah. Apa saja tempat wisata menarik di Jakarta Barat ? yuk, simak ulasan di bawah ini.

10 Tempat wisata di Jakarta Barat

Museum Fatahillah

Salah satu wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi di Jakarta Barat yaitu Museum Fatahillah. Museum ini merupakan salah satu museum terbesar di Jakarta yang dibangun pada tahun 1707 dengan model arsitektur mirip dengan istana Dam di Amsterdam. Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi peninggalan sejarah Jakarta.

Lihat juga Tempat Wisata di Singapore

Selain menyimpan berbagai macam koleksi sejarah Indonesia, fasilitas di tempat ini juga sangat lengkap seperti taman Fatahillah, perpustakaan, ruang pertemuan, mushola, kantin, penjualan souvenir dan lainnya. Museum ini berada di jalan Taman Fatahillah No 1, Kecamatan Pinang Sari Jakarta Barat.

Museum Wayang

Tempat kedua yang masuk daftar 10 tempat wisata di Jakarta Barat yang menarik yaitu museum wayang. Sesuai dengan namanya museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang dan boneka yang tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga berasal dari luar negeri. Bahkan koleksi wayang di museum ini kurang lebih sebanyak 6 ribu wayang.

Museum Bank Indonesia

Museum sejarah yang dapat Anda kunjungi di Jakarta Barat adalah museum Bank Indonesia. Museum ini sangat rapi dan juga bersih sehingga membuat pengunjung betah berlama lama di dalam. Museum ini menyimpan banyak koleksi yang berkaitan dengan keuangan Indonesia seperti uang uang logam, emas batangan, dan barang lainnya.

Museum Tekstil

Bangunan museum ini dulunya adalah rumah miliki orang berkembangsaan Prancis yang diberikan kepada Pemda Jakarta. Museum ini menyimpan ribuan kain tekstil yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Walaupun demikian koleksi kain yang dipamerkan hanya sebagian kecil seperti kain tenun, kain batik, kain jumput dan jenis tekstil lainnya.

Museum seni dan keramik

Museum yang dibangun 1870 oleh pemerintah Hindia Belanda dan kemudian diresmikan sebagai museum sejarah pada tahun 1990 ini menyimpan banyak karya seni internasional dan karya seni dalam negeri. Selain menyimpan karya seni rupa berkelas dari dalam dan luar negeri, museum ini juga memiliki koleksi keramik bersejarah dari luar dan dalam negeri.

Museum Trisakti

Mungkin diantara Anda masih ada yang mengingat kejadian kelam 1998 yang menelan banyak jiwa pejuang reformasi Indonesia. Museum ini didirikan untuk menghormati para pejuang reformasi tersebut. di tempat ini terdapat berbagai pajangan foto, barang korban serta diorama yang menjelaskan peristiwa saat itu.

Kota Tua Jakarta

Berada dekat dengan Museum Fatahillah Jakarta, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jakarta Barat. Ditempat ini Anda bisa merasakan suasana khas jaman dulu karena terdapat banyak bangunan dengan model dan arsitektur khas ketika jaman BelAnda yang tidak mengalami banyak perubahan.

Selain itu tempat ini juga banyak diminati wisatawan khususnya kalangan anak muda, yang hanya sekedar nongkrong atau berselfie ria. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat hunting foto. Anda bisa menyewa sepeda ontel untuk sekedar berfoto ataupun berkeliling kota tau. Ditempat ini juga banyak penjual asongan sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan.

Jakarta Aquarium

Jika bosan berwisata sejarah dan ingin mengganti suasana, Anda bisa mengunjungi tempat ini. destinasi wisata ini menawarkan pemandangan laut yang indah di dalam kolam raksasa lengkap dengan tumbuhan dan hewan lautnya. Tidak heran tempat ini masuk daftar 10 tempat wisata di Jakarta Barat yang populer dan juga menarik.

Sky Rink

Berlokasi di Mall Taman Anggrek, Lantai 3 tempat ini menawarkan pengalaman bermain ski di atas es. Jadi Anda tidak perlu repot repot liburan ke luar negeri untuk mencoba pengalaman bermain ski di atas es. Anda bisa menikmati bermain ski selama 2 jam dengan membeli tiket masuk, diatas itu Anda akan dikenakan biaya charge.

Taman Cattleya

Tempat wisata terakhir yang masuk daftar 10 tempat wisata di Jakarta Barat yang menarik adalah taman Cattleya. Tempat ini sangat cocok untuk Anda refreshing dan menghilangkan stres dari hiruk pikuk dan padatnya aktivitas di Jakarta. Selain menawarkan pemandangan hijau, ditempat ini juga terdapat fasilitas olahraga dan danau yang menjadi Andalan di tempat ini.

Lihat juga Tempat Wisata di Mojokerto

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap dan juga pengelola menyediakan keamanan selama 24 jam. Taman ini berada di jalan Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta  Barat.