Tempat Wisata di Karawang

Kabupaten Karawang yang terletak di Jawa Barat memang menyimpan banyak sekali wisata yang jarang diketahui oleh banyak orang. Lokasi yang berbatasan langsung dengan Bogor dan Purwakarta membuat kota Karawang juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menakjubkan dan tidak biasa. Ada juga daftar wisata hits di karawang yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

Di bawah ini adalah 10 tempat wisata di Karawang yang wajib sekali Anda kunjungi. Di mana dari beberapa wisata ternyata ada lokasi yang mempunyai cerita menarik dan unik. Berikut ini adalah wisata yang ada di Karawang.

Tempat Wisata di Karawang

Pantai Tanjung Baru

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Karawang, Pantai Tanjung Baru adalah lokasi yang mungkin pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda berkunjung bersama dengan keluarga, tentu saja lokasi ini menjadi lokasi yang cocok. Pantai ini sendiri awalnya adalah hutan bakau yang dibabat dan dijadikan pantai.

Lihat juga Pantai Baron Jogja

Maka daripada itu, jika diperhatikan air laut yang ada di pantai ini keruh da nada lumpur yang mengendap. Tidak seperti pantai lain, pasir di sini juga berwarna coklat muda dan terkesan unik. Untuk mencapai lokasi ini sendiri ada baiknya Anda berangkat lebih awal karena jarak dari pusat Kota Karawang sekitar 45 KM.

Curug Bandung

Curug yang satu ini memang bukan wisata terbaru di Karawang, namun kepopulerannya jangan ditanya lagi. Di kawasan ini sendiri Anda akan menemukan 7 air terjun lainnya yang memiliki pesona indah. Untuk menuju ke Curug Bandung yang ada di kaki Gunung Sanggabuana ini, Anda harus menempuh jarak 42 km dari Kota Karawang.

Danau Cipule

Danau Cipule adalah salah satu dari 10 tempat wisata di Karawang yang memang sudah terkenal dari dulu. Luas yang mencapai 90 hektar, danau yang terbentuk akibat adanya kegiatan di sekitaran Sungai Citarum ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Apalagi jika Anda berkunjung ke danau ini dengan pasangan.

Di mana terdapat pulau tepat di tengah danau yang memiliki luas 2 km dan diberi nama Pulau Cinta. Di pulau ini ada terdapat banyak sekali spot foto yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi laman media social.

Vihara Sian Djin Ku Poh

Berkunjung ke Karawang tentu tidak akan lengkap jika tidak melihat salah satu wisata religius yaitu Vihara Sian Djin Poh. Letak vihara ini sendiri dekat dari pusat kota yaitu sekitar 4 Km. Setiap tahunnya, vihara yang sudah ada sejak tahun 1770 ini selalu mengadakan festival di hari keagamaan.

Walaupun hingga sekarang masih menjadi tempat ibadah, tapi banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung. Apalagi vihara ini mempunyai keunikan dari segi arsitekturnya yang khas dan juga sangat unik.

Monument Rawagede

Salah satu monumen yang ada di Karawang dan memiliki cerita sejarah dibaliknya adalah yang ada di Rawagede. Monumen Rawagede sendiri dibangun untuk mengenang para korban sipil yang berjatuhan ketika Belanda menjajah. Dapat dibilang bahwa monument ini merupakan taman makam pahlawan demi mengingatkan kita akan kekejaman masa penjajahan dulu.

Untuk mencapai 10 tempat wisata di Karawang yang satu ini pun Anda tidak perlu bingung, karena banyak sekali kendaraan umum yang melewatinya. Anda hanya perlu memastikan bahwa jalur yang digunakan benar atau Anda dapat bertanya kepada masyarakat setempat.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Apa yang pertama kali ada dipikiran Anda ketika mendengar daerah Rengasdengklok? Sudah pasti akan teringat akan perjuangan Indonesia untuk bisa mengumandangkan kemerdekaan pada tahun 1945. Monument satu ini adalah sebuah tempat yang dulu dijadikan sebagai markas PETA pada masa itu.

Dibangun diatas tanah seluas 1500 meter persegi, monument ini merupakan pengingat akan perjuangan dari para anak muda yang mendesak Bung Karno untuk melakukan proklamasi secepat-cepatnya. Di tempat ini sendiri terdapat salinan teks Proklamasi Kemerdekaan yang tentu saja memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Candi Jiwa

Tempat wisata di Karawang 2020 selanjutnya yang juga sangat wajib sekali untuk Anda datangi adalah Candi Jiwa yang ada di garis pantai utara Jawa Barat. Candi yang menjadi penelitian pada tahun 1922 ini menyimpan sebuah keunikan tersendiri yang cukup memuat peneliti merasa terheran-heran.

Bentuk dari Candi Jiwa ini seperti Padma atau bunga teratai yang dibagian atasnya ada sebuah peta melingkar yang sepertinya dulu terdapat patung Budha. Letaknya yang dekat dengan pantai membuat candi ini sangat populer dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat sore hari. Karena pada waktu tersebut Anda mungkin akan melihat matahari terbenam.

Pantai Tanjung Pakis

Satu lagi wisata pantai di Karawang yang juga sangat disukai oleh wisatawan lokal untuk didatangi yaitu Pantai Tanjung Pakis. Pantai yang satu ini memiliki pasir putih yang sangat indah dan juga air jernih. Apalagi ombak di pantai ini terbilang tenang, sehingga banyak orang yang senang bermain di pinggiran pantai.

Curug Cipanundaan

Curug yang satu ini terbilang masih tidak banyak yang datang, terlebih medannya yang tidak begitu mudah untuk menuju lokasi air terjun. Untuk mencapai curug ini, Anda harus melewati bebatuan sungai serta hutan yang penuh semak belukar.

Lihat juga Museum Sonobudoyo Jogja

Walaupun tidak mudah, namun ketika Anda sudah mencapai lokasi curug maka rasa lelah pun akan terlupakan karena pesona yang disajikan. Lokasi air terjun yang masih terjaga membuat suasana sangat nyaman dan juga tenang. Anda dapat menghilangkan rasa penat di lokasi ini. Tapi, ada baiknya Anda mengunjungi tempat ini bersama guide agar tidak tersesat.

Taruma Leisure Waterpark

10 tempat wisata di Karawang terakhir adalah Taruma Leisure Waterpark yang merupakan wisata rekreasi yang sangat cocok jika dikunjungi bersama dengan keluarga. Berbagai macam wahana yang cukup seru serta sangat aman. Di mana anak-anak pun dapat bermain hingga puas. Untuk masuk ke waterpark ini, akan dikenakan biaya sekitar 50.000 hingga 65.000 rupiah per orang.