Tempat Wisata di Mojokerto

Tempat Wisata di Mojokerto

Jawa Timur mempunyai beberapa daerah destinasi wisata, keragaman budaya, aneka macam kuliner dan keindahan alam menjadikan beberapa daerah di Provinsi Jawa Timur menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur. Selain daerah Malang dan Banyuwangi, ada salah satu kota di Jawa Timur yang belum terlalu dikenal namun wajib untuk dikunjungi, yaitu Mojokerto.

Berikut ini daftar 10 tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi untuk anda jadikan destinasi wisata berikutnya yang ada di Jawa Timur.

Tempat Wisata di Mojokerto

1.   Situs Sejarah Trowulan

Urutan pertama dalam daftar tempat wisata di Mojokerto adalah kawasan bersejarah yang ada di Kecamatan Trowulan Mojokerto. Di tempat ini terdapat beberapa situs peninggalan era Kerajaan Majapahit yang sudah sangat terkenal.

Lihat juga Tempat Wisata Di Majalengka

Bangunan bersejarah yang dapat Anda saksikan langsung di trowulan yaitu beberapa candi, kolam pemandian hingga makam Putri Campa. Selain berlibur di situs bersejarah trowulan, Anda tentu bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah masa lalu yang ada di kawasan Mojokerto.

2.   Patung Budha Tidur Maha Vihara Mojopahit

Tempat selanjutnya dalam wisata sejarah di Mojokerto adalah patung Buddha Maha Vihara Mojopahit yang terdapat di daerah Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Selama ini patung Budha tidur yang paling sering kita dengar ada di Thailand. Namun tidak perlu jauh-jauh kesana, karena di Mojokerto juga terdapat patung serupa.

Vihara dengan arsitektur jawa ini menjadi ikon wisata Kabupaten Mojokerto. Karena selain bangunan Vihara yang sangat megah, patung budha yang ada disini juga menjadi salah satu yang paling megah selain yang terdapat di Thailand dan juga di Nepal.

3.   Gunung Penanggungan

Tempat wisata hits di mojokerto selanjutnya yaitu wisata alam Gunung Penanggungan yang berlokasi tepat di perbatasan Mojokerto dan Pasuruan. Tempat ini memiliki ketinggi 1.650 di atas permukaan laut, menjadikan tempat ini cocok untuk berkemah bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

Gunung Penanggungan juga sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi mendaki gunung namun dengan mudah yang tidak terlalu sulit.

4.   Museum Gubug Wayang

Mojokerto selain mempunyai banyak wisata alam dan juga wisata sejarah, juga terdapat wisata budaya yang patut untuk diketahui. Salah satu wisata budaya yang ada di Mojokerto yaitu Museum Sanggar Gubug Wayang yang berlokasi di daerah Kauman, Mergelo, Kabupaten Mojokerto. Museum ini menyimpan berbagai jenis wayang dan juga berbagai benda yang berhubungan erat dengan wayang.

Terdapat bermacam jenis wayang seperti, wayang kulit, wayang golek sampai dengan wayang rumput. Selain itu di Museum ini juga terdapat koleksi gamelan, reog dan berbagai jenis keris.

5.   Coban Ranggu

Salah satu wisata alam yang masuk dalam daftar 10 tempat wisata di Mojokerto yaitu Air Terjun Coban Ranggu. Air terjun ini berlokasi di lereng Gunung Welirang yang membuat daerah ini terasa sangat menyejukkan dengan banyaknya pohon-pohon yang hijau juga pesona dari air terjun yang menjulang tinggi.

Untuk bisa mencapai air terjun ini, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup tinggi namun telah disediakan beberapa tempat untuk beristirahat sebelum sampai di Air Terjun yang mempunyai tinggi 80 meter ini.

6.   Pacet Mini Park

Tempat wisata yang satu ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di Mojokerto. Pacet Mini Park merupakan area rekreasi yang menawarkan berbagai wahana menarik dan seru untuk Anda Kunjungi bersama keluarga tercinta. Selain terdapat wahana permainan air, di tempat ini juga terdapat berbagai wahana lainnya seperti Flying Fox, Cross Counter, dan juga Bumper Boat. Tempat ini cukup ramai jika akhir pekan dan hari libur tiba.

7.   Petirtaan Jolotundo

Tempat ketujuh dalam daftar wisata di Mojokerto yaitu Petirtaan Jolotundo. Tempat ini merupakan sebuah kompleks pemanduan yang sudah ada sejak tahun 997 masihi ketika era kerajaan Majapahit berjaya, dijadikan sebagai lokasi pemanduan oleh keluarga kerajaan.

Jolotundo sendiri mempunyai arti pancuran air yang bertingkat-tingkat, dan masih bisa Anda saksikan hingga saat ini. Petirtaan Jolotundo berlokasi di Desa Seloliman, Trawas, Kabupaten Mojokerto dan tepat berada di lereng gunung Bekal.

8.   Air Terjun Dlundung

Satu lagi keindahan alam Mojokerto yang berupa Air Terjun. Air Terjun Dlundung berlokasi di daerah Trawas, Kabupaten Mojokerto dan tepat berada di lereng gunung Welirang. Air terjun yang mempunyai ketinggian 15 meter ini bisa Anda saksikan dari jarak dekat karena debit ar yang tidak terlalu deras, sehingga cukup aman untuk dijangkau.

9.   Petung Sewu

Tempat ini juga cukup hits akhir-akhir ini, berada di Hutan Raya Soerjo di kaki gung Arjuna membuat tempat ini memiliki nuansa sejuk dan memanjakan mata. Terdapat juga beberapa tempat yang dikhususkan untuk berfoto-foto dengan latar belakang hamparan hutan hijau yang sangat indah.

Lihat juga Tempat Wisata di Karawang

10.   Puncak Watu Jengger

Tempat terakhir dalam daftar 10 tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi yaitu Puncak Watu Jengger. Walaupun di urutan terakhir, tempat wisata ini juga tidak kalah hits dan sedang populer di kalangan masyarakat mojokerto. Untuk bisa mencapai tempat ini Anda harus mendaki jalan setapak yang tidak terlalu sulit. Setelah sampai di atas, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang dapat membuat kagum setiap orang yang ada disana.