Cara Memilih Perhiasan Wanita yang Tepat

Cara Memilih Perhiasan Wanita yang Tepat

Perhiasan merupakan aksesoris yang identik dengan kaum hawa. Perhiasan membuat penampilan terlihat lebih mewah dan tampak elegan. Sehingga tidak sedikit wanita yang suka mengoleksi perhiasan. Bukan hanya sebagai aksesoris saja, namun perhiasan juga seringkali dijadikan sebagai sarana investasi.

Lihat juga Brand Baju Lokal Terbaik dan Murah

Harga perhiasan yang cukup tinggi membuat kamu tidak bisa asal-asalan saat memilihnya. Terdapat beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan yang paling cocok dan sesuai dengan karakteristik diri. Model perhiasan yang dijual di pasaran sangat beragam, pastikan kamu memilihnya dengan tepat sehingga cocok ketika digunakan.

Tips dan Cara Memilih Perhiasan Wanita yang Tepat

Ketika memilih perhiasan kamu tidak bisa hanya berfokus pada fashion modelnya saja, namun banyak komponen lain yang harus diperhatikan misalnya kualitas dan kenyamanan. Berikut akan diinformasikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar bisa memilih perhiasan dengan tepat.

1.     Pilih Warna yang Netral

Saat ini perhiasan bukan hanya terdiri dari satu bahan atau warna saja, namun ada juga yang menggunakan kombinasi bebatuan atau permata yang berwarna. Penambahan berbagai komponen tersebut membuat tampilan perhiasan terlihat lebih cantik dan menarik.

Meskipun cukup beragam, sebaiknya kamu memilih warna perhiasan yang netral saja sehingga bisa digunakan untuk berbagai suasana. Perhatikan juga warna kulit kamu agar bisa memilih warna perhiasan yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.

2.     Perhatikan Reaksi Kulit terhadap Perhiasan

Tidak semua orang cocok menggunakan perhiasan yang terbuat dari bahan-bahan tertentu. Ada juga orang yang alergi dengan beberapa bahas seperti jenis logam nikel dan lain sebagainya. Perhiasan ada yang dibuat dari bahan asli seperti emas dan ada juga yang menggunakan bahan campuran.

Untuk itu kamu harus mengetahui reaksi bahan-bahan tersebut untuk tubuh. Jangan sampai ketika menggunakan perhiasan justru kamu merasa tidak nyaman atau mengalami alergi. Hal tersebut tentu bisa merugikan dan membuat perhiasan tidak bisa digunakan lagi.

3.     Sesuaikan Model dengan Bentuk Wajah

Pilihlah model perhiasan yang sesuai dengan bentuk wajah kamu. Bagi kamu yang berwajah lebar dan besar, sebaiknya hindari memilih jenis kalung dengan bentuk chokers karena bisa membuat tampilan muka terlihat lebih besar. Selain itu hindari penggunaan anting dengan model bulat karena akan memberikan kesan berat pada wajah.

Bagi kamu yang berleher kecil, disarankan untuk memilih jenis kalung yang agak panjang agar terkesan lebih anggun. Sedangkan bagi kamu yang berleher lebar dan pendek sebaiknya memilih kalung dengan liontin tunggal atau model yang simple.

Untuk memastikan kecocokannya, sebaiknya kamu mencoba perhiasan terlebih dahulu sebelum memilihnya. Dengan begitu kamu bisa langsung menilai sendiri apakah perhiasan tersebut cocok atau tidak.

4.     Sesuaikan Jenis Perhiasan dengan Fungsinya

Ketika berkeinginan membeli perhiasan, pastikan kamu mengetahui fungsinya terlebih dahulu. Apakah untuk digunakan saat acara pesta saja atau digunakan untuk sehari-hari?

Melalui hal tersebut kamu bisa lebih mudah untuk mempertimbangkan model perhiasan yang akan dipilih. Kamu bisa memilih perhiasan yang terkesan glamour untuk acara pesta dan memilih model yang netral untuk dipakai sehari-hari.

5.     Perhatikan Kandungan Emas pada Perhiasan yang Dipilih

Setiap perhiasan yang dijual memiliki kadar emas yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya dibuat dari bahan campuran untuk menghadirkan desain yang lebih menarik. Untuk itu kamu perlu menanyakan detail kandungannya kepada penjual sebelum membelinya.

Kandungan emas dalam perhiasan juga bisa menentukan kualitasnya, untuk itu kamu bisa memperhatikan total karat yang terkandung di dalamnya. Perhiasan yang mengandung emas murni artinya berlabel 24 karat.

Untuk emas dengan jumlah karat yang lainnya, misalnya 10 karat artinya kandungan emas dalam perhiasan tersebut hanyalah sekitar 42% sisanya mengandung berbagai campuran bahan lain misalnya perak, besi, dan lain sebagainya. Perhitungan jumlah kandungan emas bisa dihitung dari (10/24)*100 = 42%.

6.     Pilih Tempat Beli Perhiasan yang Terpercaya

Tempat membeli perhiasan merupakan komponen yang tidak boleh luput dari pengamatan kamu, karena terkadang setiap toko memiliki kualitas bahan yang berbeda-beda. Alangkah lebih baik jika kamu melakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli perhiasan.

Pilihlah produk di tempat yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus. Pastikan juga kamu memiliki toko yang memiliki layanan terbaik dan mudah melakukan bertransaksi, sehingga ketika ingin menjualnya kembali atau menukarnya dengan model lain bisa dilakukan dengan mudah.

7.     Pilih Perhiasan yang Memiliki Kualitas Terbaik

Kualitas merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan ketika membeli perhiasan. Pilihlah perhiasan yang cantik secara keseluruhan, mulai dari teksturnya yang halus, desainnya yang sesuai selera, bahannya yang berkualitas dan memiliki sertifikat resmi.

Semakin tinggi nilai emas yang terkandung dalam perhiasan, artinya kualitasnya akan semakin bagus. Selain itu nilai jual dari perhiasan emas juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan campuran. Produk emas jauh lebih awet dan aman ketika digunakan, sehingga kamu tidak perlu takut mengalami alergi.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas kamu bisa lebih mudah untuk memilih perhiasan yang sesuai dengan selera dan penampilan. Selain mampu menunjang penampilan, mengoleksi perhiasan bisa menjadi hobi yang sangat menguntungkan untuk masa depan. Simpanlah perhiasan di tempat yang kering dan aman agar kualitasnya bisa tetap terjamin.